EVALUASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA PADA ASPEK USABILITY DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE, HEURISTIC EVALUATION DAN THINK ALOUD

Parwata, I Ketut (2024) EVALUASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA PADA ASPEK USABILITY DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE, HEURISTIC EVALUATION DAN THINK ALOUD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2023101034-COVER)
2029101034-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (2023101034-ABSTRAK)
2029101034-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (2023101034-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (2023101034-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (2023101034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (453kB)
[img] Text (2023101034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (2023101034-BAB 5 PENUTUP)
2029101034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (2023101034-DAFTAR PUSTAKA)
2029101034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (2023101034-LAMPIRAN)
2029101034-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan aplikasi INLISLite 3.1 untuk memudahkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan. Aplikasi tersebut membantu perpustakaan dalam memonitor ketersediaan buku, memasukkan data buku baru, peminjaman dan pengembalian buku, sampai pelaporan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi keguanaan (usability) aplikasi INLISLite 3.1 untuk mengetahui tingkat efektivitas aplikasi, kepuasan pengguna, dan beberapa masalah yang masih terjadi. Efektivitas aplikasi dan kepuasan pengguna diuji dengan User Experience Questionare (UEQ), sementara kesalahan yang masih berpeluang terjadi diuji melalui Heuristic Evaluation dan Think Aloud Evaluation. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dari hasil Heuristic Evaluation dan Think Aloud Evaluation, sedangkan data kuantitatif dari hasil UEQ. Hasil UEQ terhadap 25 pengguna menyatakan bahwa aspek kejelasan dan kebaruan mendapatkan hasil diatas rata-rata, yang artinya 25% produk dataset dianggap lebih baik, sedangkan 50% produk lainnya dianggap lebih buruk. Kemudian untuk aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan dan stimulasi mendapat hasil yang baik, yang berarti 10% produk dataset dianggap lebih baik, sedangkan 75% produk lainnya dianggap lebih buruk. Hasil Heuristic Evaluation dilakukan oleh 3 evaluator ahli diketahui bahwa tidak ada permasalahan yang memiliki severity ratings tertinggi yang harus segera diperbaiki. Hanya ada minor problem sebanyak 2 permasalahan dan cosmetic problem sebanyak 8 permasalahan. Hasil Think Aloud terhadap 10 pengguna didapatkan masalah yang rata-rata mengalami masalah yang sama dalam penggunannya. Data yang telah diperoleh dari ketiga metode nantinya akan digunakan sebagai acuan rekomendasi perbaikan aplikasi dalam bentuk wireframe

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Usability, INLISLite 3.1, User experience Questionnaire (UEQ), Heuristic Evaluation, Think Aloud, end user, severity ratings, wireframe.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: I Ketut Parwata
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:08
Last Modified: 22 Feb 2024 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item