Semadi, I Gede Putu (2024) ANALISIS PELAKSANAAN, PENGASUHAN PEMBENTUKAN KARAKTER, DALAM PENDIDIKAN BINTARA POLRI, DI SEKOLAH POLISI NEGARA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1939011004-COVER)
1939011004-Cover.pdf Download (948kB) |
|
Text (1939011004-ABSTRAK)
1939011004-Abstrak.pdf Download (583kB) |
|
Text (1939011004-BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011004-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (524kB) |
|
Text (1939011004-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011004-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text (1939011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011004-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text (1939011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011004-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (1939011004-BAB 5 PENUTUP)
1939011004-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (1939011004-DAFTAR PUSTAKA)
1939011004-Daftar Pustaka.pdf Download (576kB) |
|
Text (1939011004-LAMPIRAN)
1939011004-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan terbesar dunia Pendidikan sekarang ini adalah pembentukan nilai-nilai karakter. Pentingnya peran Lembaga Pendidikan dalam membentuk karakter siswa melalui program pendidikan termasuk Pendidikan Bintara Polri yang mengadapi tantangan. Teori- teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: teori pelaksanaan, pengasuhan, karakter, nilai-nilai karakter, pembiasaan, konstruktivitis, behavioristik, humanstik, evaluasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis, mendeskripsikan dan mengkonseptualisasi pelaksanaan pengasuhan pembentukan karakter di Sekolah Polisi Negara. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif diskriptif dengan tehnik pengumpulan data wawancara terhadap siswa tamatan tahun 2022 gelombang I dan pengasuh, observasi lapangan, dokumentasi dan analisis dokumen, serta analisis data dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pola pengasuhan sudah berjalan dengan lancar dan dapat membentuk nilai-nilai karakter bangsa dan nilai kebhayangkaraan yaitu: disiplin, tanggung jawab, profesionalisme, solidaritas, toleransi; kepemimpinan, kesehatan; religuis, keadilan, kerjasama. Menariknya penelitian ini memiliki kebaruhan/novelty yakni dari nilai-nilai karakter tersebut, ditemukan nilai karakter yang tidak terdapat dikeduanya yaitu: solidaritas, kepemimpinan, kerjasama, keadilan dan Kesehatan(S-4K), dan juga ditemukan pola asuh authoritariantive (otoritertif) dan munculnya konsep diri serta dibangunnya teori ‘’Mengalahkan Diri Sendiri’’ sebagai refrensi dan acuan pengasuh dalam melakukan pengasuhan, dan perbuatan siswa dalam mengalahkan dirinya sendiri selama mengikuti Pendidikan. Pola asuh ini menjadi model pola asuh yang ideal yang bisa diterapkan ditempat yang lain.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Pengasuhan Pembentukan, Karakter, Pendidikan Bintara Polri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I GEDE PUTU SEMADI |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 12:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 12:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19464 |
Actions (login required)
View Item |