Divayanti, Ni Putu Nilam (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS TRI HITA KARANA UNTUK MENANAMKAN SIKAP BEKERJASAMA DAN BERGOTONGROYONG SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041021-COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041021-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2014041021-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014041021-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041021-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik digital berbasis tri hita karana untuk menanamkan sikap bekerja sama dan bergotong royong siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sawan yang teruji validitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah media komik digitital berbasis tri hita karana sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu validitas dan respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana untuk menanamkan sikap bekerja sama dan bergotong royong siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sawan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 2 orang praktisi untuk mengetahui validitas media komik digital berbasis tri hita karana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) prototipe media komik digital berbasis tri hita karana melalui beberapa tahapan sesuai dengan prosedur dalam model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). (2) Validitas media yang melibatkan ahli materi dan ahli media, data analisis secara deskriptif kuantitatif, persentase skor validitas media komik digital berbasis tri hita karana dari ahli materi sebesar 86%, ahli media sebesar 98%, dan praktisi/guru sebesar 98%, secara keseluruhan validitas media komik digital berbasis tri hita karana yaitu sebesar 94% yang berada pada rentangan skor 90-100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. (3) Untuk respon siswa terhadap media komik digital berbasis tri hita karana, melibatkan 12 orang siswa kelas VII, persentase skor dari respon siswa yaitu sebesar 96,1% dengan kualifikasi sangat baik. Kata kata kunci : komik digital, tri hita karana, bekerja sama, bergotong royong
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kata kunci : komik digital, tri hita karana, bekerja sama, bergotong royong |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Nilam Divayanti |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 16:18 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 16:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19478 |
Actions (login required)
View Item |