Suari, Bhujangga Ayuningrat Pradnya (2024) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERMUATAN MULTIMEDIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NO 3 ABIANBASE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031073-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031073-ABSTRAK.pdf Download (706kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031073-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031073-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031073-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual; (2) untuk mengetahui kelayakan komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual; (3) untuk mengetahui efektivitas komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode nontes berupa angket dan wawancara serta metode tes berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun komik digital meliputi sejumlah tahapan yaitu (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). (2) Komik digital ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli materi sebesar 90,38%, uji ahli desain instruksional sebesar 92,85%, uji ahli desain media pembelajaran sebesar 90,78%, uji coba perorangan sebesar 93,18%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,44%, dan uji coba kelompok besar sebesar 92,04% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 7,574 sedangkan t_tabel pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk = (n_1-1) = (31 - 1) = 30 diperoleh t_tabel sebesar 2,042. Hasil menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel (7,574 > 2,042) sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sesudah menggunakan komik digital. Hal ini berarti komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual pada materi pecahan efektif diterapkan pada siswa kelas IV SD No 3 Abianbase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, komik digital, multimedia, kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Bhujangga Ayuningrat Pradnya Suari |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 01:29 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19496 |
Actions (login required)
View Item |