Sudianis, Luh Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KESADARAN POLITIK SISWA PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN (PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SAWAN). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041009-COVER.pdf Download (559kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041009-ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014041009-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2014041009-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041009-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan gambaran kesadaran politik siswa terhadap pengetahuan, pemahaman, sikap dan tindakan atau pola prilaku politik siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran secara konvensional (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam membentuk kesadaran politik (pengetahuan, pemahaman, sikap, tindakan atau pola prilaku) siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sawan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen), populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diambil dari hasil pretest dan posttest yang dimana hasil tersebut di analisis dengan uji non parametrik wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada kesadaran politik siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan temuan hasil data yang di uji secara berurutan yaitu hipotesis nihil (Ho) dari 4 variabel terikat: Pengetahuan (Y1), Pemahaman (Y2), Sikap (Y3) dan Tindakan atau pola prilaku (Y4).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kesadaran Politik, Sistem Pemerintahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | LUH AYU SUDIANIS |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 02:20 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19571 |
Actions (login required)
View Item |