PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM BASED SDGs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS X SMA

Putra, I Gede Wahyu Dharma (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI PROBLEM BASED SDGs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011014-COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011014-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011014-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berorientasi Problem Based SDGs (Sustainable Development Goals) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas X SMA. E-modul ini dikembangkan menggunakan model 4D. Pengembangan dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi Flip PDF Professional. Karakteristik pada e-modul ini terdapat soal-soal pemecahan masalah matematika berorientasi Problem Based SDGs dengan fitur bantuan berbasis Google Form untuk membimbing siswa ketika kesulitan menjawab permasalahan yang diberikan dan lembar jawaban berbasis Live Worksheet yang dapat diisi secara online. Validitas isi dan validitas media diuji menggunakan instrumen LORI, sedangkan kepraktisan dievaluasi dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Efektivitas diukur melalui analisis N-Gain Score berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan validitas materi mencapai angka 4,75 dan validitas media mencapai angka 5,00 yang menunjukkan kategori sangat valid. Uji coba e-modul dilaksanakan terhadap 32 siswa kelas X-G di SMA Negeri 1 Singaraja. Hasil dari uji kepraktisan menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh telah memenuhi kategori yang ditargetkan yakni baik (good). Selain itu, uji efektivitas dilakukan dengan menganalisis N-Gain Score berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil N-Gain Score dan kriteria yang ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 5 orang atau 15,62% siswa memiliki kriteria N-Gain Score yang rendah, 15 orang atau 46,88% siswa memiliki kriteria N-Gain Score sedang, dan 12 orang atau 37,50% siswa yang mendapatkan kriteria N-Gain Score yang tinggi. Oleh karena itu, e-modul berorientasi Problem Based SDGs yang dikembangkan dinyatakan valid untuk diuji coba terbatas, praktis digunakan sebagai media pembelajaran, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Saran untuk pengembangan lebih lanjut dari e-modul ini yaitu dikarenakan e-modul ini masih diuji dalam taraf uji coba terbatas sehingga perlu diuji pada lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, problem based SDGs (Sustainable Development Goals), kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gede Wahyu Dharma Putra
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:51
Last Modified: 26 Apr 2024 02:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19600

Actions (login required)

View Item View Item