Dwi Juntara, Kadek (2024) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI GAMELAN BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031263-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031263-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031263-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031263-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031263-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031263-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi budaya peserta didik di SD, serta pemanfaatan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) menghasilkan media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali, (2) menganalisis validitas isi media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali, dan (3) menganalisis respon siswa dan guru terhadap media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media dan respon pengguna. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,9 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali adalah sebesar 98 % dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media interaktif berbasis video edukasi pembelajaran gamelan Bali adalah sebesar 95 % dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamelan Bali, Literasi Budaya, Pengembangan, Media, Video Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Juntara |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 07:03 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 07:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19612 |
Actions (login required)
View Item |