Arya Sutarja Kajeng, I Gede (2024) PENERAPAN MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN ALAT TRAINER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI TKL-2 DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015061010-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015061010-ABSTRAK.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULAN)
2015061010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015061010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015061010-BAB 3 METODELOGI PENELITAIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015061010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015061010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015061010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015061010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Penelitian yang digunakan adalah Model Kemmis dan Taggart yaitu menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek Penelitian 35 peserta didik kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja. Objek Penelitian ini adalah Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes Essay, Observasi aktivitas peserta didik dan Observasi aktivitas guru, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif melalui presentase hasil kinerja guru dan secara kuantitatif melalui nilai ketuntasan belajar peserta didik individual, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, presentase hasil belajar klasikal peserta didik. Indikator keberhasilan ditandai adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang diperoleh setiap siklus yaitu SIklus I 77,14% dan pada Siklus II 94,29%. Jika dikonversikan ke dalam PAP skala lima dan ketuntasan klasikal, siklus I berada pada kategori kurang dengan nilai 77,14% yaitu hanya terdapat 31 peserta didik dinyatakan tuntas sedangkan pada sisklu II berada pada kategori baik dengan nilai 94,29% yaitu terdapat 33 peserta didik dinyatakan tuntas. Dengan demikian penerapan model pembelajaran PBjL (Project Based Learning) berbantuan alat trainer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | I GEDE ARYA SUTARJA KAJENG |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 06:10 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 06:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19650 |
Actions (login required)
View Item |