Wulandari, Kadek Diah (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI MENJAGA KEBHINEKAAN INDONESIA KELAS IV SD NO. 4 BENOA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031043-COVER.pdf Download (491kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031043-ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (583kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031043-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Studi ini dilakukan untuk (1) mengetahui rancang bangun Multimedia Interaktif Make A Match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia, (2) mengetahui kelayakan Multimedia Interaktif Make A Match pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia, (3) mengetahui efektivitas Multimedia Interaktif Make A Match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Kemudian, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (a) penilaian menurut ahli rancang bangun memperleh persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik; (b) penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik; (c) penilaian ahli desain instruksional memperoleh persentase skor 96% dengan kualifikasi sangat baik; (d) penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 98% dengan kualifikasi sangat baik; (e) penilaian uji coba perorangan memperoleh persentase skor 96,60% dengan kualifikasi sangat baik; (f) penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas dengan 26 orang siswa memperoleh hasil t_hitung sebesar 13,436 untuk dk 25 dan taraf signifikansi 5% = 2,060. Dengan demikian, harga t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yakni, secara empiris terbukti bahwa Multimedia Interaktif Make A Match layak digunakan pada proses pembelajaran bedasarkan hasil penilaian oleh subjek uji coba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Diah Wulandari |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:02 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19702 |
Actions (login required)
View Item |