Sukmayanti, Dewa Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031256-COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031256-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031256-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031256-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031256-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031256-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031256-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031256-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031256-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini meliputi, (1) menganalisis rancang media game edukasi berbasis masalah, (2) menganalisis validitas isi media game edukasi berbasis masalah, kemudian (3) menganalisis kepraktisan media game edukasi berbasis masalah, serta (4) menganalisis efektivitas media game edukasi berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD. Dalam penelitian pengembangan ini diterapkan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan disini diantaranya metode tes serta angket. Analisis deskriptif kuantitatif, serta kualitatif merupakan salah satu teknik analisis data yang diterapkan. Penelitian pengembangan ini meliputi dari. a) analisis (analyze), b) perancangan (design), c) pengembangan (development), d) implementasi (implementation), dan e) evaluasi (evaluation). Media game berbasis masalah adalah subjek penelitian ini, dan objek penelitian ini adalah validitas media, isi materi, respon praktisi atau pengguna, dan efektivitas media. Berikut adalah hasilnya. (1) Penelitian pengembangan ini mampu mengembangkan media game edukasi berbasis masalah yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diimplementasikan. (2) Indeks validitas media sebesar 0,94, dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi, dan analisis kelayakan oleh ahli materi menunjukkan indeks validitas sebesar 0,93, dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi. (3) Pada respon guru dan kelompok kecil (siswa) sama-sama memperoleh indeks 97%, dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi. (4) Uji efektivitas pemahaman hasil uji t korelasi, nilai signifikansi (two-tailed) menunjukkan nilai sebesar 0,001 kurang dari 0,05, atau taraf signifikansi 5%. Ini menunjukkan bahwa media game edukasi berbasis masalah mampu meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Game Edukasi, Berbasis Masalah, Pemahaman Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | DEWA AYU SUKMAYANTI |
Date Deposited: | 26 May 2024 23:53 |
Last Modified: | 26 May 2024 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19784 |
Actions (login required)
View Item |