OPTIMALISASI STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN CONCIERGE DI HILTON BALI RESORT

Alfaridzi, Cheva Givari (2024) OPTIMALISASI STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN CONCIERGE DI HILTON BALI RESORT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2257015058-COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2257015058-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2257015058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2257015058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2257015058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2257015058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2257015058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2257015058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2257015058-LAMPIRAN.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tingkat pelayanan yang diberikan pegawai hotel kepada pengunjung yang menginap sangat erat kaitannya dengan Standard Operating Procedure (SOP). Pengunjung mempunyai ekspektasi mengenai kualitas layanan yang akan mereka terima; apakah harapan tersebut terpenuhi atau tidak akan bergantung pada seberapa baik staff hotel melaksanakan SOP yang ada. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana petugas concierge Hilton Bali Resort dapat beroperasi sesuai dengan Standar Operating Procedure untuk meningkatkan kualitas layanan. Hal ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh petugas concierge dan bagaimana mereka dapat mengatasi tantangan tersebut untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada tamu. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi pada staff concierge section Hilton Bali Resort. Hasil penelitian ini adalah penerapan SOP pada Hilton Bali Resort pada concierge section masih jauh dari kata maksimal setelah dievaluasi menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang disampaikan oleh Parasuraman (1998), selain itu terdapat beberapa kendala yang melatarbelakangi tidak maksimal nya penerapan SOP oleh petugas concierge. Lalu pemberian solusi pada setiap kendala yang dihadapi, diharapkan mampu untuk memperbaiki kualitas pelayanan kepada tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: standard operating procedure (SOP)1, kualitas pelayanan2, concierge3.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Cheva Givari Alfaridzi
Date Deposited: 31 May 2024 04:08
Last Modified: 31 May 2024 04:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item