PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI GUGUS LETDA MADE PUTRA TAHUN AJARAN 2023/2024

Dwijayanti, Anak Agung Sagung Sinta (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI GUGUS LETDA MADE PUTRA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031022-COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031022-ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031022-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan Open-Ended Question terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas III di Gugus Letda Made Putra Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III di Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 11 kelas dengan siswa sebanyak 324 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas III B SD Negeri 18 Dangin Puri sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas III B SD Negeri 2 Dangin Puri sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan memberikan instrumen berupa tes esai. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji-t polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,24 > ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa yang dibelajarkan model Problem Based Learning menggunakan Open-Ended Question dengan siswa yang tidak dibelajarkan model Problem Based Learning menggunakan Open-Ended Question. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Open-Ended Question berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas III di Gugus Letda Made Putra tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Open-ended Question, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Sagung Sinta Dwijayanti
Date Deposited: 06 Jun 2024 23:21
Last Modified: 06 Jun 2024 23:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item