PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAYAN, SPIRITUALITAS TEMPAT KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI POLITEKNIK PARIWISATA BALI

Widayanthi, Desak Gede Chandra (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAYAN, SPIRITUALITAS TEMPAT KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI POLITEKNIK PARIWISATA BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139011020-COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139011020-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139011020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh kepemimpinan pelayan, spiritualitas tempat kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada dosen Politeknik Pariwisata Bali menggunakan teknik survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dengan menggunakan formula Slovin yang dikoreksi dengan formula Warwich dan Lininger diperoleh sampel 101 dari populasi penelitian 108 orang dosen. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model teoretik tentang hubungan antar variabel ternyata terbukti secara empirik, (2) kepemimpinan pelayan, spiritualitas tempat kerja, dan motivasi kerja berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, (3) dengan penyertaan variabel mediasi yakni kepuasan kerja, ditemukan bahwa kepemimpinan pelayan, spiritualitas tempat kerja, dan motivasi kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kualitas pelayanan. Dengan demikian, penyertaan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi berhasil dengan baik dan dapat memediasi pengaruh variabel independen secara penuh. Mengacu pada temuan penelitian ini direkomendasikan untuk menerapkan kepemimpinan pelayan, mengembangkan spiritualitas tempat kerja, meningkatkan motivasi kerja dan kepuasan kerja sehingga peningkatan kualitas pelayanan dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan pelayan, spiritualitas tempat kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja, kualitas pelayanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Desak Gede Chandra Widayanthi
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:19
Last Modified: 19 Jun 2024 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item