PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CANVA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERORIENTASI ETNOSAINS DI FASE F KURIKULUM MERDEKA

Anggraeni, Putu Wulan (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CANVA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERORIENTASI ETNOSAINS DI FASE F KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013041016_COVER.pdf

Download (552kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013041016_ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013041016_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II Kajian Teori)
2013041016_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013041016_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013041016_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013041016_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013041016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013041016_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembagan ini adalah untuk mengetahui: kebutuhan belajar biologi di fase F kurikulum merdeka, membuat rancang bangun multimedia interaktif canva pada materi sistem ekskresi berorientasi etnosains di fase F kurikulum merdeka, mengetahui validitas multimedia interaktif canva, dan mengetahui kepraktisan multimedia interaktif canva. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tahap implementasi tidak dilakukan dan tahap evaluasi dengan evaluasi formatif yaitu pengumpulan data dari setiap tahapan pengembangan karena keterbatasan penelitian. Lokasi penelitian di SMAN 6 Denpasar. Uji validitas menggunakan perhitungan Gregory dengan responden yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Dari kedua ahli tersebut didapatkan nilai KVG (Koefisien Validitas Gregory) sebesar 1 dari ahli materi dan media, sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan dilakukan oleh 3 guru Biologi di SMAN 6 Denpasar untuk uji perorangan, 12 peserta didik kelas XI untuk uji kelompok kecil, 30 peserta didik kelas XI untuk uji kelompok besar. Setelah digabung nilai kepraktisan guru dan peserta didik diperoleh nilai sebesar 90,1% (kategori sangat praktis). Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif canva yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi berorientasi etnosains sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, ADDIE, Sistem Ekskresi, Fase F, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1)
Depositing User: Putu Wulan Anggraeni
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:16
Last Modified: 14 Jun 2024 05:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19992

Actions (login required)

View Item View Item