Pengembangan Komik Digital Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Siswa Kelas IV di SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar

Artanegara, I Made Surya (2024) Pengembangan Komik Digital Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Siswa Kelas IV di SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031118-COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031118-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031118-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui rancang bangun, validitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media komik digital berbasis problem based learning muatan IPAS kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar. jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ini digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut: (1) kualitas hasil uji rancang bangun memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Ahli materi pembelajaran memperoleh skor 97,72% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain memperoleh skor 95%, ahli media pembelajaran memperoleh skor 97,91%, uji coba perorangan memperoleh skor 95% dan uji kelompok kecil memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Uji efektivitas produk didapatkan dari uji statistik uji-t sehingga memperoleh t-hitung sebesar 21,31 untuk db = 23 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka t-tabel sebesar 1,717. Hal ini berarti t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil IPAS sebelum dan sesudah media komik digital berbasis problem based learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, IPAS, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Surya Artanegara
Date Deposited: 18 Jun 2024 23:56
Last Modified: 18 Jun 2024 23:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item