Mahendri, Ni Ketut Sri (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Website Liveworksheets pada Muatan Matematika di Kelas III SD Negeri 5 Kampung Baru. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031082-COVER.pdf Download (966kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031082-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (11MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031082-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penyusunan LKPD yang melenceng dari fungsinya karena berupa lembar pertanyaan, kurang menarik minat siswa pada pelajaran matematika sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheet; (2) mendeskripsikan kelayakan E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets; (3) mendeskripsikan kepraktisan E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets; dan (4) mendeskripsikan keefektifan E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada muatan matematika di kelas III SD Negeri 5 Kampung Baru. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen sebagai ahli media, ahli materi dan ahli desain, 3 orang praktisi guru serta 21 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar rating scale dan tes pilihan ganda. Sedangkan desain uji coba dengan menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penelitian ini menghasilkan rancang bangun E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets pada muatan matematika di kelas III Sekolah Dasar; (2) skor rata-rata kelayakan produk oleh ahli materi sebesar (4,8), ahli media sebesar (4,65), dan oleh ahli desain sebesar (4,8) dengan klasifikasi kategori ketiganya sangat baik; (3) skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar (4,8) dan oleh peserta didik sebesar (4,48) dengan klasifikasi kategori keduanya sangat baik; (4) uji one sample t-test hasil belajar siswa menunjukkan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga E-LKPD efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pengembangan E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets pada muatan matematika layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sudut bangun datar bagi siswa kelas III SD Negeri 5 Kampung Baru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, matematika, pendekatan kontekstual, liveworksheets, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Sri Mahendri |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 23:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 23:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20146 |
Actions (login required)
View Item |