REDESIGN EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS) UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MELALUI METODE DESIGN THINKING

Novianti, Made Niken (2024) REDESIGN EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM (EIS) UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MELALUI METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2015091064-COVER)
2015091064-COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text (2015091064-ABSTRAK)
2015091064-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (2015091064-BAB 1 PENDAHULUAN)
2015091064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text (2015091064-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015091064-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2015091064-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015091064-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (2015091064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015091064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (2015091064-BAB 5 PENUTUP)
2015091064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015091064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015091064-LAMPIRAN.pdf

Download (964kB)

Abstract

Executive Information System (EIS) merupakan konsep sarana informasi kepada eksekutif organisasi untuk mengakses langsung pangkalan data yang relevan dengan semua aspek bisnis. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), merupakan salah satu perguruan tinggi yang memfasilitasi eksekutifnya dengan Executive Information System (EIS) sebagai platform penyedia data dan informasi. Dalam kondisi aktual EIS Undiksha menunjukkan bahwa sistem informasi ini belum sesuai dengan kebutuhan pihak eksekutif. Hal tersebut menyebabkan rendahnya kepuasan pengalaman pengguna dalam memanfaatkan aplikasi ini, sehingga menjadi kekurangan dari segi usability aplikasi EIS Undiksha. Menarik dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan EIS Undiksha yang lebih optimal melalui perancangan pembaruan EIS di Undiksha dengan berfokus pada analisis kebutuhan pengguna yang terlibat sebagai pihak eksekutif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype dan test. Guna memastikan solusi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan calon pengguna, pada tahap testing dilakukan uji pengalaman pengguna melalui usability testing berdasarkan ISO 9241-11, yaitu dengan mengukur aspek effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Tahap testing dilaksanakan pada awal (Pre-test) dan akhir (Posttest) penelitian. Pada testing awal, rata-rata nilai yang diperoleh dalam pengukuran effectiveness mencapai 84%, efficiency mencapai 50,74 detik, dan satisfaction pada hasil skor UMUX mencapai 47,1. Sedangkan pada testing akhir, rata-rata nilai yang diperoleh dalam pengukuran effectiveness mencapai 100%, efficiency mencapai 32,17 detik , dan satisfaction pada hasil skor UMUX mencapai 92,9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Executive Information System, Design Thinking, Usability Testing, Kuesioner Usability Metric for User Experience
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Made Niken Novianti
Date Deposited: 13 Jul 2024 17:09
Last Modified: 13 Jul 2024 17:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item