PENGEMBANGAN SISTEM SOSIOMETRI UNTUK MENGUKUR KESENJANGAN SOSIAL ANTAR SISWA SMP MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DENGAN MEMANFAATKAN GRAPH COLORING

Sriasih, Ni Komang (2024) PENGEMBANGAN SISTEM SOSIOMETRI UNTUK MENGUKUR KESENJANGAN SOSIAL ANTAR SISWA SMP MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DENGAN MEMANFAATKAN GRAPH COLORING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129101019-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129101019- ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129101019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129101019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129101019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129101019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129101019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129101019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129101019-LAMPIRAN.pdf

Download (286kB)

Abstract

Sriasih, Ni Komang (2024), Pengembangan Sistem Sosiometri Untuk Mengukur Kesenjangan Sosial Antar Siswa SMP Menggunakan Metode K-Means Clustering dengan Memanfaatkan Graph Coloring. Tesis, Ilmu Komputer, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc., Ph. D dan Pembimbing II: Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs Kata Kunci : Perundungan, Sosiometri, K-Means, Graf, dan Pewarnaan graf Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengoptimalkan fungsi sosiometri untuk mengatasi kasus perundungan (bullying). Metode yang digunakan untuk mengoptimalkan fungsi sosiometeri adalah K-Means Clustering dan pewarnaan graf. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Ubud dikarenakan SMP Negeri 2 Ubud memiliki beberapa program untuk mendekteksi dan menanggulangi kasus perundungan. Program yang diterapkan adalah program BULAN BINTANG (Binan dan Tanggulangi Bullying Pada Anak) dan PUSPAGA (Pusat Pelayanan Keluarga). Sampel yang digunakan ada sebanyak 10 kelas dengan banyak siswa per kelas berada di rentang 32 sampai 35. Tahapan-tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama peneliti bersama guru BK membagikan link kuesioner sosiometri, kemudian luaran kuesioner sosiometri dianalisis dengan metode k-means clustering untuk megelompokkan siswa menjadi dua kategori yaitu cluster siswa disukai (popular) dan siswa tidak disukai (terisolir). Setelah mendapat dua cluster siswa popolar dan siswa terisolir data tersebut dianalisis dengan metode graf. Metode graf yang di terapkan pertama ke graf berarah dan menghasilkan dua graf yaitu graf siswa popular dan graf siswa terisolir, kemudian kedua graf tersebut digabungkan menjadi graf gabungan, dari graf gabungan dilanjutkan ke graf berbobot, namun sebelum itu dilakukan proses perhitungan hubungan simpul yang nantinya menjadi nilai bobot dan menghasilkan graf berbobot. Dari graf berbobot a diurutkan nilai node tersebar ke nilai node terkecil, kemudian dilanjutkan dengan melihat hubungan setiap node dengan node lainnnya untuk menentukan pemberian warna. Dari setiap node yang memiliki node warna sama, dapat dilihat node tersebut ada indikasi kasus perundungan dengan katagori node yang memiliki nilai terbesar adalah node yang dicurigai menjadi calon perundung kemudian node yang lainnya adalah target perundungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perundungan, Sosiometri, K-Means, Graf, dan Pewarnaan graf
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QP Physiology
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ni Komang Sriasih
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:05
Last Modified: 01 Jul 2024 07:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20224

Actions (login required)

View Item View Item