Dewi, Ni Luh Putu Citra (2024) PROFIL GAYA BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913031016-COVER.pdf Download (579kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913031016-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913031016-LAMPIRAN.pdf Download (325kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka menuntut diterapkannya pembelajaran paradigma baru yang memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran dan penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta mengarahkan pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu contoh perbedaan karakteristik siswa dapat dilihat dari gaya belajarnya. Perbedaan gaya belajar siswa ini dapat diakomodasi dengan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil gaya belajar siswa di SMAN 2 Singaraja. Penelitian ini melibatkan sebanyak 348 siswa kelas X sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Teknik analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data yang kemudian diverifikasi untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa didominasi oleh gaya belajar visual sebanyak 49%, diikuti gaya belajar auditori sebanyak 15%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 36%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidik diharapkan dapat merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi dan adaptif, guna mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi pendekatan yang relevan dan praktis dalam mendukung Kurikulum Merdeka, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan potensi maksimal sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Citra Dewi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20254 |
Actions (login required)
View Item |