Anggadipa, G. Ngurah Oka (2024) Analisis Manajemen Pembelajaran Kimia Kelas X dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913031008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913031008-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913031008-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan manajemen pembelajaran (dokumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa, dan pengawasan pembelajaran) pada mata pelajaran Kimia kelas X di SMA Negeri 1 Negara. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan menggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini melibatkan satu orang guru Kimia yang mengajar di kelas X dan satu orang Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Negara untuk mendapatkan data mengenai manajemen pembelajaran. Untuk mendapatkan data tersebut, dalam penelitian ini dilakukan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis data berdasarkan jenis data yang terdiri atas teknik analisis data hasil observasi, wawancara, dan studi dokumen. Selain itu dilakukan triangulasi data berdasarkan sumber data untuk mendapatkan data yang kredibel. Pada penelitian ini didapatkan hasil, yaitu 1) Dokumen perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru Kimia telah sesuai dengan rekomendasi dan regulasi Kurikulum Merdeka. Namun, terdapat kekeliruan pada dokumen ATP yang tidak jelas dalam menggambarkan alur tujuan pembelajaran dan pada dokumen modul ajar yang belum lengkap sesuai dengan regulasi Kurikulum Merdeka; 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Kimia telah sesuai dengan teori pelaksanaan pembelajaran, regulasi Kurikulum Merdeka, dan kegiatan pembelajaran yang direncanakan; 3) Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru Kimia telah sesuai dengan regulasi pemerintah, kecuali penilaian diagnostik dan kriteria ketercapain yang digunakan; 4) Pengawasan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim pengawasan pembelajaran telah sesuai dengan regulasi Kurikulum Merdeka. Dalam penelitian ini direkomendasikan saran kepada peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa hendaknya meneliti pada manajemen pembelajaran pada fase F, yaitu kelas XI ataupun kelas XII dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, pembelajaran, kimia, kurikulum, merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | G. Ngurah Oka Anggadipa |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:45 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20263 |
Actions (login required)
View Item |