Setiarini, Ni Putu Diah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI MEMBACA PERMULAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031251-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031251-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031251-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031251-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031251-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031251-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031251-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031251-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031251-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Studi pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan rancangan produk game edukasi kemampuan membaca permulaan, mengetahui validitas media pembelajaran game edukasi, mengetahui respon tenaga pendidik dan peserta didik mengenai kepraktisan game edukasi, serta untuk mengetahui efektivitas game edukasi terhadap motivasi belajar membaca permulaan peserta didik SD. Studi ini adalah stuti pengembangan dengan model ADDIE. Metode penghimpun data memakai non tes dengan bentuk koesioner. Dalam menganalisis data, menggunakan teknik desk deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Studi ini menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan pengujian yang diberlakukan mendapatkan hasil dari media yang dikembangkan dari ahli materi dengan rerata 4,8 berkualifikasi sangat valid. (2) Serta validasi dari ahli media pembelajaran yang memperoleh hasil rata rata 3,85 dikategorikan sangat valid. (3) Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh praktisi/guru dapat diketahui bahwa media game edukasi memiliki tingkat kepraktisan yang sangat baik dengan persentase 98%. (4) Serta dari siswa memperoleh persentase sebesar 96,89%. (5) Efektivitas game edukasi membaca permulaan dicari dengan uji statistika inferensial teknik uji-t berkolerasi. Berdasarkan hasil uji-t berkolerasi diketahui bahwa nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dilihat bahwa nilai Sig. < 0,05. Sehingga memperoleh kesimpulan jika adanya perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum belajar membaca permulaan memakai media game edukasi dan setelah menggunankan media game edukasi. Kata kunci: Game Edukasi, Membaca Permulaan, Pengembangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Membaca Permulaan, Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DIAH SETIARINI |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 00:58 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 00:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20281 |
Actions (login required)
View Item |