Pengembangan LKPD Eksploratif Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP

Mahadewi, Ni Kadek Natia (2024) Pengembangan LKPD Eksploratif Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023011005-COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023011005-ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2023011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023011005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Natia Mahadewi, Ni Kadek (2024), Pengembangan LKPD Eksploratif Berbasis Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Tesis. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Gede Suweken, M.Sc dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd Kata-kata kunci: LKPD Eksploratif, Scratch, kemampuan pemecahan masalah Penggunaan LKPD dalam pembelajaran masih kurang efektif. Salah satu alasan utamanya adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran akan potensi dan manfaat yang dimiliki oleh LKPD dalam mendukung proses pembelajaran. Banyak guru yang masih menggunakan metode pengajaran konvensional tanpa memanfaatkan alat bantu seperti LKPD. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKPD eksploratif berbasis scratch yang sangat relevan digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi sifat-sifat segitiga dan kekongruenannnya karena dapat mendukung keterlibatan siswa dan mendukung kegiatan eksplorasi dalam pembelajaran sehingga dapat mendorong meningkatnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD eksploratif berbasis scratch yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Fokus pengembangan LKPD adalah pada materi sifat-sifat dan kekongruenan segitiga untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tabanan tahun Pelajaran 2023/2024 dengan rincian sebanyak 20 orang kelas VIII E untuk uji coba terbatas, 40 orang kelas VIII C untuk uji coba lapangan I, serta 40 orang kelas VIIID untuk uji coba lapangan II. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk mengukur validitas LKPD, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan LKPD, dan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD eksploratif berbasis scratch valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Karakteristik LKPD eksploratif berbasis scratch untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP yaitu LKPD eksploratif berbasis scratch mengintegrasikan software scratch dalam pembelajarannya. Kemudian, LKPD eksploratif berbasis scratch dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan memberikan ruang untuk siswa melakukan kegiatan eksplorasi, menyederhanakan proses pembelajaran di kelas, materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa termotivasi untuk belajar, serta membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah menggunakan langkah-langkah sesuai indikator pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD Eksploratif, Scratch, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Kadek Natia Mahadewi
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:08
Last Modified: 11 Jul 2024 02:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item