Maharany, Dhefi Laksmita (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031268-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031268-ABSTRAK.pdf Download (815kB) |
|
Text (BAB 1 PENDHAULUAN)
2011031268-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (610kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031268-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031268-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031268-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031268-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031268-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031268-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV Gugus Kapten Japa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual (2 Untuk mengetahui kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV Gugus Kapten Japa yang tidak dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual (3) mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas IV SD Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 294 seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa Denpasar Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 9 Dauh Puri sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 33 Dangin Puri sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Hasil dari kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Media Audio Visual memperoleh nilai rata-rata 69,29 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan, hasil dari kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Audio Visual memperoleh nilai rata-rata 50,4 yang berada pada kategori rendah. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis uji t. Hasil analisis data diperoleh = 6,869 dan = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 31 + 30 – 2 = 59. Hal ini menunjukkan bahwa > (6,869 > 2,000) sehingga ditolak dan diterima yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual dengan kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus Kapten Japa Denpasar Utara Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dhefi Laksmita Maharany |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 01:14 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20417 |
Actions (login required)
View Item |