PENGEMBANGAN GAME MATEMATIKA ULAR TANGGA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Pranajaya, Damianus Fandy (2024) PENGEMBANGAN GAME MATEMATIKA ULAR TANGGA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031096_COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031096_ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2011031096_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2011031096_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2011031096_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031096_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2011031096_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031096_LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Setiap pembelajaran yang dilaksanakan hendaknya dapat dikaitkan dengan konsep yang relevan, menyenangkan, serta bermakna sehingga pembelajaran mudah dipahami siswa. Rasa bosan yang dialami siswa di kelas, membuat kurangnya fokus siswa ketika menerima pembelajaran dari guru. Permasalahan tersebut mendasari dikembangkannya Game Matematika Ular Tangga pada materi Pecahan kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi Pecahan. Subjek penelitian ini ialah 6 ahli, 3 guru, dan 30 siswa. Objek penelitian ialah Game Matematika Ular Tangga materi Pecahan. Deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif digunakan sebagai teknik analisis data. Kusesioner dan tes digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Game Matematika Ular Tangga valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada materi Pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Matematika Ular Tangga, Pemahaman Konsep Matematika, Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Damianus Fandy Pranajaya
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:23
Last Modified: 11 Jul 2024 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20435

Actions (login required)

View Item View Item