STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN IKLAN PADA SELEBGRAM ENDORSEMENT CAPTION SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII SMP

Jayanti, Ida Ayu Kade Dwi (2024) STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN IKLAN PADA SELEBGRAM ENDORSEMENT CAPTION SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011031-COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011031-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011031-LAMPIRAN.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan iklan yang terdapat pada selebgram endorsement caption serta relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah selebgram endorsement caption sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu (1) dari segi struktur, selebgram endorsement caption sudah mengandung struktur iklan berupa pengenalan produk/jasa dan deskripsi bagian produk/jasa, (2) dari segi kebahasaan, caption endorsement yang diunggah selebgram sudah mengandung kaidah kebahasaan berupa bahasa persuasif, kata sifat, dan kata ganti (3) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar teks iklan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: selebgram endorsement caption, kaidah kebahasaan, struktur; teks iklan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ida Ayu Kade Dwi Jayanti
Date Deposited: 11 Jul 2024 00:41
Last Modified: 11 Jul 2024 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item