Pengaruh Model Case Based Learning Berbantuan Video Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA

Wijaya, I Ketut (2024) Pengaruh Model Case Based Learning Berbantuan Video Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071004-ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071004-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil PISA dan TIMSS yang menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah dalam bidang sains masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model case based learning berbantuan video kontekstual terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI rumpun IPA SMA Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2023/2024, yang terdiri atas lima kelas (167 peserta didik). Sampel penelitian ini adalah tiga kelas (102 peserta didik) yang ditetapkan menggunakan teknik simple random sampling, yang selanjutnya terpilih kelas XI-A dengan perlakuan model case based learning berbantuan video kontekstual, kelas XI-C dengan perlakuan model case based learning dan kelompok kontrol kelas XI-B dengan perlakuan model direct intsruction. Data kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif fisika dikumpulkan dengan tes essay. Analisis data menggunakan uji statistik Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif fisika secara bersama-sama antara kelompok peserta didik yang belajar dengan model case based learning berbantuan video kontekstual, model case based learning dan model direct instruction; (2) terdapat perbedaan kemampuan literasi sains fisika antara kelompok peserta didik yang belajar dengan model case based learning berbantuan video kontekstual, model case based learning dan model direct instruction; (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif fisika antara kelompok peserta didik yang belajar dengan model case based learning berbantuan video kontekstual, model case based learning dan model direct instruction. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model case based learning berbantuan video kontekstual secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model case based learning, video kontekstual, kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I KETUT WIJAYA
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:08
Last Modified: 15 Jul 2024 04:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20498

Actions (login required)

View Item View Item