DEVELOPING DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 10th GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Ayu Anggita Kinanti, Gusti (2024) DEVELOPING DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON THE EMANCIPATED CURRICULUM FOR 10th GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021020-COVER.pdf

Download (685kB)
[img] Text (ABTSRAK)
2012021020-ABTSRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021020-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru, (2) mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris yang dibedakan dalam bentuk buku untuk siswa kelas 10 SMA semester satu berdasarkan Kurikulum Merdeka, dan (3 ) untuk mengetahui kualitas materi pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Design and Development oleh Richey dan Klein (2008) sebagai landasan metodologinya. Model desain dan pengembangan memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, angket, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif oleh Miles, Huberman, & Saldaña, (2014), dan secara kuantitatif menggunakan rumus dari Nurkancana dan Sunartana, (1992). Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan empat kebutuhan utama siswa dan guru, keempat kebutuhan tersebut menjadi dasar peneliti untuk mengembangkan produk, (2) perancangan dibuat menggunakan cetak biru yang sesuai dengan hasil analisis kebutuhan, dan pengembangan produk menggunakan aplikasi Canva, (3) kualitas produk diukur dengan expert judgement dan user judgement, dengan nilai produk tergolong “Sangat Baik” menunjukkan bahwa produk tersebut valid untuk digunakan dalam pembelajaran yang dibedakan berdasarkan gaya belajar guru dan siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, Materi Bahasa Inggris, Pembelajaran Diferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Anggita Kinanti
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:45
Last Modified: 15 Jul 2024 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item View Item