PERAN DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN BULELENG DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL PELAKU USAHA UMKM DI KABUPATEN BULELENG BALI

Saragih, Evan Rezky (2024) PERAN DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN BULELENG DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL PELAKU USAHA UMKM DI KABUPATEN BULELENG BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014101024-COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014101024-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014101024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2014101024-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014101024-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014101024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014101024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014101024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014101024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM Kabupaten Buleleng dalam upaya memberikan perlindungan hukum terhadap hak kekayaan intelektual pelaku Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng. (2) kendala-kendala apa saja yang mempengaruhi upaya perlindungan hukum dalam melindungi hak atas kekayaan intelektual pelaku usaha UMKM oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode hukum empiris. Teknik penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling. Subjek penelitian ini Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng dan Pelaku usaha UMKM. Objek penelitian adalah peran Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran yang ada pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Buleleng dalam upaya memberikan perlindungan hukum terhadap HAKI pelaku Industri UMKM di Kabupaten Buleleng yang termasuk dalam bentuk upaya perlindungan hukum preventif, yakni: Pembinaan yang intensif terhadap para pelaku UMKM mengenai pentingnya HAKI, Memberikan rekomendasi pendaftaran HAKI kepada para pelaku UMKM, Memberikan bimbingan teknis dan pendampingan kepada UMKM selama proses pendaftaran HAKI, Memfasilitasi pendaftaran HAKI kolektif bagi kelompok pelaku usaha UMKM, dan upaya perlindungan hukum represif diwujudkan melalui pemberian bantuan hukum kepada pelaku UMKM ketika terjadi pelanggaran terkait Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). (2) adapun kendala ataupun hal yang mempengaruhi upaya tersebut adalah kurangnya kesadaran dan kemampuan pelaku usaha UMKM dalam melindungi hak kekayaan intelektual, Kurangnya pemahaman mengenai pentingnya Hak Kekayaan Intelektual, jenis-jenis HAKI dan manfaatnya (HAKI) oleh pelaku usaha UMKM, rumit atau berbelit-belitnya proses pendaftaran HAKI yang melibatkan beberapa lembaga dalam proses pendaftaran dan simpang siurnya informasi pendaftaran, kurangnya kompetensi beberapa pegawai dalam memberikan pelayanan terkait haki ke pelaku usaha UMKM. Dan terbatasnya kuota pemberian rekomendasi pendaftaran HAKI setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Kekayaan Intelektual, Perlindungan Hukum, Pelaku Usaha UMKM
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Evan Rezky Saragih
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:48
Last Modified: 18 Jul 2024 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20550

Actions (login required)

View Item View Item