PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Riyanti, Ni Putu Riris (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011017-ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011017-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Mata pelajaran matematika, khususnya materi bangun ruang sisi datar merupakan materi yang abstrak. Siswa memerlukan bahan ajar yang bisa memudahkan dalam memvisualisasikan konsep-konsep abstrak dalam bangun ruang sisi datar. Kemudian, siswa juga memerlukan bahan ajar yang bisa mengakomodir gaya belajar siswa yang beraneka ragam. Namun e-modul seperti ini masih belum banyak tersedia di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul berbantuan augmented reality guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan mempergunakan model ADDIE. Uji kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan dilaksanakan oleh pakar menggunakan angket penilaian BSNP. Dari hasil uji kelayakan didapatkan hasil dengan rata-rata skor senilai 3,69 dengan kriteria layak. Selanjutnya uji efektivitas dilaksanakan kepada 32 siswa kelas VII A SMP N 2 Tegallalang. Uji efektivitas dilaksanakan dengan eksperimen terhadap satu kelas dengan desain pre-test - post-test. Data dianalisa mempergunakan uji wilcoxon dan ditemukan peningkatan skor dari pre-test ke post-test dengan p = 0,00000165 < α = 0,05. Dengan demikian, bisa ditarik simpulan bahwasanya e-modul berbantuan augmented reality efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan dikembangkannya e-modul berbantuan augmented reality tidak hanya membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, namun pula menjadikan siswa nyaman dalam belajar berlandaskan gaya belajarnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Augmented Reality, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Riris Riyanti
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:46
Last Modified: 18 Jul 2024 02:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item View Item