Riyanti, Ni Putu Riris (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011017-ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Mata pelajaran matematika, khususnya materi bangun ruang sisi datar merupakan materi yang abstrak. Siswa memerlukan bahan ajar yang bisa memudahkan dalam memvisualisasikan konsep-konsep abstrak dalam bangun ruang sisi datar. Kemudian, siswa juga memerlukan bahan ajar yang bisa mengakomodir gaya belajar siswa yang beraneka ragam. Namun e-modul seperti ini masih belum banyak tersedia di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul berbantuan augmented reality guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan mempergunakan model ADDIE. Uji kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan dilaksanakan oleh pakar menggunakan angket penilaian BSNP. Dari hasil uji kelayakan didapatkan hasil dengan rata-rata skor senilai 3,69 dengan kriteria layak. Selanjutnya uji efektivitas dilaksanakan kepada 32 siswa kelas VII A SMP N 2 Tegallalang. Uji efektivitas dilaksanakan dengan eksperimen terhadap satu kelas dengan desain pre-test - post-test. Data dianalisa mempergunakan uji wilcoxon dan ditemukan peningkatan skor dari pre-test ke post-test dengan p = 0,00000165 < α = 0,05. Dengan demikian, bisa ditarik simpulan bahwasanya e-modul berbantuan augmented reality efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dengan dikembangkannya e-modul berbantuan augmented reality tidak hanya membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, namun pula menjadikan siswa nyaman dalam belajar berlandaskan gaya belajarnya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Augmented Reality, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riris Riyanti |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20615 |
Actions (login required)
View Item |