PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Syahfiar, Putra Maulana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011087-COVER.pdf

Download (314kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011087-ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011087-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V MI Se-Kecamatan Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam kategori penelitian semu atau quasy experiment dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Se — Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel yang digunakan berasal dari sekolah MIN 2 Buleleng dan MIT Mardlatilah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk soal essay tentang kemampuan pemahaman konsep matematika dan berpikir kritis. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah NGain Score, Uji Normalitas Univariat dan Multivariat, Uji Homogenitas Varians, Uji Homogenitas Matriks Varian dan Kovarian, Uji Multikolinearitas Variabel Terikat, dan Uji Hipotesis menggunakan MANOVA. Dari hasil perhitungan uji MANOVA didapatkan nilai penelitian menunjukkan bahwa harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, dan Roys Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 sehingga H0 ditolak dan semua hasil yang diperoleh adalah signifikan. Dengan demikian terdapat pengaruh hasil antara pemahaman konsep matematika dan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTRA MAULANA SYAHFIAR
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:47
Last Modified: 18 Jul 2024 07:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20622

Actions (login required)

View Item View Item