Subayana, Rupawan (2024) PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA ANAK-ANAK PENGHUNI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL: (STUDI KASUS LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK ANANDA SEVA DHARMA DI SANGSIT, BULELENG, BALI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714091008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714091008-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714091008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714091008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714091008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714091008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714091008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714091008-LAMPIRAN.pdf Download (758kB) |
Abstract
Lembaga Kesejahteraan sosial anak Ananda Seva Dharma merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial, Lembaga ini berfungsi dalam menampung anak-anak yang berasal dari keluarga miskin, anak anak terlantar, pengemis, dan korban kekerasan seksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bentuk dan proses perubahan sosial budaya yang terjadi di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Ananda Seva Dharma, serta implikasinya terhadap interaksi anak-anak penghuni lembaga tersebut. Selain itu, penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi aspek-aspek perubahan sosial budaya yang dapat dijadikan sumber belajar sosiologi pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik pemilihan informan dengan Purposive Sampling. Hasil yang didapat adalah, LKSA Ananda Seva Dharma mengalami perubahan sosial budaya melalui program-program pendidikan, pengembangan keterampilan, dan kegiatan sosial serta spiritual yang mengadopsi nilai-nilai Ananda Marga. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung dan terintegrasi bagi anak-anak, mempromosikan keterampilan interpersonal, kepercayaan diri, dan identitas diri positif. Implikasi perubahan ini terlihat dalam peningkatan interaksi sosial yang positif dan peningkatan prestasi serta identitas diri yang lebih percaya diri. Nilai-nilai tersebut dapat menjadi aspek-aspek yang dapat dipertimbangkan sebagai sumber belajar sosiologi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Pembinaan, Pendidikan, Mayarakat. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | I KOMANG RUPAWAN SUBAYANA |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20721 |
Actions (login required)
View Item |