Maheswari, Komang Citra Paramita (2024) COHERENCE AND COHESION: AN ANALYSIS OF RECOUNT PARAGRAPHS WRITTEN BY THE EIGHTH-GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 SUKASADA ACADEMIC YEAR 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021189-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021189-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021189-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021189-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021189-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek koherensi dan kohesi yang terdapat pada paragraf yang ditulis oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Pada dasarnya, koherensi dan kohesi merupakan dua elemen kunci dalam keberhasilan sebuah teks karena keduanya menentukan sejauh mana informasi tersampaikan secara jelas dan teratur. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan desain metode campuran paralel covergent, yang memungkinkan penyertaan data kualitatif dan kuantitatif. Proses pengumpulan data melibatkan penggunaan cluster random sampling di mana beberapa kelas dipilih secara acak dari populasi kelas yang tersedia di SMP tersebut. Setelah itu, dari kelas-kelas yang terpilih tersebut, kelas 8A dipilih sebagai salah satu kelas sampel untuk penelitian ini. Data yang diperoleh berupa dokumen tulisan siswa, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa para siswa mampu menunjukkan koherensi yang baik dalam penulisan paragraf deskriptif mereka. Mereka juga terlihat menggunakan perangkat kohesif yang tepat untuk menghubungkan ide-ide secara terus menerus, yang pada akhirnya menghasilkan paragraf yang kohesif secara keseluruhan. Namun, meskipun penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam hal koherensi dan kohesi cukup memuaskan, masih ada kebutuhan untuk pembelajaran lebih lanjut. Oleh karena itu, temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam membimbing siswa tentang pentingnya koherensi dan kohesi dalam menulis. Dengan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep ini, diharapkan siswa akan lebih menyadari betapa pentingnya kedua aspek ini dalam menyusun teks yang efektif dan terstruktur dengan baik. Dengan demikian, diharapkan bahwa upaya pengajaran yang berkelanjutan tentang koherensi dan kohesi akan meningkatkan kualitas tulisan siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | koherensi, kohesi, paragraf recount |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Citra Paramita Maheswari |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 02:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20827 |
Actions (login required)
View Item |