Karunia, I Ketut Adisaptha (2024) DEVELOPING E-MODULE FOR UNQUALIFIED PRIMARY ENGLISH TEACHER: A PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BASED GUIDANCE FOR TEACHING 5H GRADE 2ND SEMESTER STUDENTS OF SD NEGERI 1 SUWUG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2112021237-COVER.pdf Download (395kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021237-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021237-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021237-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021237-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021237-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021237-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2112021237-LAMPIRAN.pdf Download (745kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis pedagogical content knowledge (PCK) sebagai panduan bagi guru kelas V khususnya wali kelas di SD Negeri 1 Suwug dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Design and Development (DnD) oleh Richey dan Klein (2014) dengan menggunakan model ADDE. Penelitian ini terdiri dari empat tahap pengumpulan data yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Pada tahap Analysis, dilakukan analisis pengajaran bahasa Inggris oleh guru dan analisis dokumen, tahap Design melibatkan perancangan cetak biru e-modul, tahap Development terdiri dari penyusunan, revisi, dan finalisasi prototipe e-modul, dan yang terakhir adalah tahap Evaluation yang terdiri dari evaluasi oleh pengguna. Oleh karena itu, ada empat instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, lembar analisis dokumen, dan lembar penilaian ahli dan pengguna. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul memiliki penilaian yang sangat baik dari dua orang ahli yang dibuktikan dengan nilai modus sebesar 5. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan valid untuk diimplementasikan oleh guru kelas V SD sebagai acuan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tahap uji coba dilakukan dengan guru sebagai pengguna, dan guru memberikan respon positif berdasarkan hasil penilaian pengguna yang ditunjukkan dengan nilai 5 yang menunjukkan bahwa produk memiliki kualitas yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | electronic module, pedagogical content knowledge (PCK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Ketut Adisaptha Karunia |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 09:33 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 09:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20837 |
Actions (login required)
View Item |