Ardia Prabhasanti, Gusti Ayu Putu (2024) DEVELOPMENT OF FLIPBOOK BASED ON TEXT-BASED LANGUAGE TEACHING FOR ENGLISH FOR BEAUTY TO ENHANCE STUDENT’S MULTIMODAL LITERACY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021165-COVER.pdf Download (859kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021165-ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021165-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021165-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021165-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi multimodal siswa dalam mata kuliah “Bahasa Inggris untuk Kecantikan” melalui pengembangan bahan ajar yang mengintegrasikan elemen teks dan video, yaitu flipbook. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian pengembangan Design & Development (D&D), dengan mengikuti kerangka kerja Richey and Clein (2007). Sebanyak 20 peserta aktif yang terdiri dari mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tahun akademik 2023/2024, 2 dosen mata kuliah Bahasa Inggris untuk kecantikan, dan 2 praktisi yang bekerja di industry kecantikan terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini memanfaatkan berbagai metode pengumpulan data termasuk kuisioner, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tiga alur tindakan, berdasarkan Miles & Huberman (1994), yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kualitas flipbook dinilai melalui checklist validitas konten dari ahli materi pembelajaran ESP dan media pembelajaran. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 topik yang perlu dikembangkan dan materi dikembangkan mengikuti langkah-langkah pengajaran bahasa Inggris berbasis teks. Kualitas materi yang dikembangkan dikategorikan sebagai materi yang baik. Dengan demikian, materi ini dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran oleh mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Universitas Pendidikan Ganesha. Kata Kunci: Bahasa Inggris untuk Kecantikan, ESP, Flipbook, Literasi Multimodal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bahasa Inggris untuk Kecantikan, ESP, Flipbook, Literasi Multimodal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Ardia Prabhasanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20851 |
Actions (login required)
View Item |