Mentari, Ni Putu Deliana (2024) DEVELOPING DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT IN EMANCIPATED CURRICULUM FOR 5th GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021146-COVER.pdf Download (808kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021146-ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021146- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021146- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021146-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrument penilaian berdiferensiasi sesuai kurikulum emansipasi yang berdasar kepada gaya belajar siswa khususnya untuk kelas 5 sekolah dasar semester 1. Penelitian ini melibatkan dua guru yang mengajar kelas 5 dan 49 siswa kelas 5 dari dua sekolah di Buleleng. Penelitian ini menggunakan metode Desain dan Development dengan melalui 4 tahapan utama yaitu Analisis, Design, Development, Evaluation. Data dikumpulkan melalui tahapan analisis kebutuhan siswa dan guru melalui interview, analisis gaya belajar siswa melalui kuesioner dengan model pertanyaan close-ended dan analisis dokumen studi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode campuran yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya, kebutuhan guru dalam memperdalam pemahaman terhadap pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kurikulum emansipasi, hasil kuesioner menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas 5 berbeda-beda dengan urutan dominan visual, kinaesthetic, aural dan read/write, . Produk yang telah dikembangkan melalui tahapan revisi, pengecekan kualitas sehingga dikatakan mampu untuk digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kurikulum emansipasi berdasarkan kepada gaya belajar dari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum emansipasi, Penilaian berdiferensiasi, Gaya belajar, Sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | DELIANA MENTARI NI PUTU |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:40 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 07:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20879 |
Actions (login required)
View Item |