Andari, Ida Ayu Made Yuni (2024) HABITUASI ONE TEACHER ONE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN MULTIBAHASA PADA TAMAN KANAK-KANAK DI SEKOLAH NASIONAL 3 BAHASA BUDI LUHUR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171010-COVER.pdf Download (977kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171010-ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171010-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan implementasi pembelajaran multibahasa dengan metode "One Teacher One Language" di taman kanak-kanak Sekolah Nasional 3 Bahasa Budi Luhur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data yaitu observasi kelas, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah taman kanak-anak di sekolah nasional 3 bahasa budi luhur. Prosedur penelitian ini yaitu tahap deskripsi atau orientasi, tahap reduksi dan tahap seleksi. Instrumen penelitian ini adalah kisi-kisi penelitian, pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan checklist. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, model data, penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa teori interlanguage, konstruktivisme, dan pembelajaran bahasa kedua memberikan landasan yang kuat bagi strategi One Teacher One Language. Kendala dalam implementasi, seperti pembagian waktu dan variasi dalam keterampilan guru, memerlukan perhatian terhadap prinsip-prinsip teori, seperti Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dan penggunaan scaffolding. Meskipun demikian, integrasi bahasa dalam proses pembelajaran, strategi pembelajaran yang beragam, interaksi langsung antara guru dan siswa, serta kegiatan kebudayaan menunjukkan upaya komprehensif dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habituasi, One Teacher One Languange, Pembelajaran multibahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Yuni Andari |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 00:19 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20886 |
Actions (login required)
View Item |