Ifandy, M. Rizal (2024) KOLEKSI TINGGALAN SEJARAH KESULTANAN BIMA DI MUSEUM ASI MBOJO BIMA, NUSA TENGGARA BARAT (SEJARAH, KOLEKSI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014021018 - COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014021018 - ABSTRAK.pdf Download (614kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014021018 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014021018 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014021018 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014021018 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2014021018 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014021018 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (729kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014021018 - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana sejarah berdirinya Museum Asi Mbojo Bima, Nusa Tenggara Barat., (2) apa saja koleksi-koleksi yang terdapat di dalam Museum Asi Mbojo Bima, Nusa Tenggara Barat., (3) apa saja koleksi yang terdapat di Museum Asi Mbojo Bima, yang bisa digunakan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian sejarah melalui beberapa langkah yaitu; (1) heuristik, (2) kritik sumber sejarah, (3) interpretasi, (4) historiografi. Hasil penelitian dalam penelitian ini menemukan bahwa dari pembelajaran sejarah saat ini masih kurang menarik minat belajar para siswa. Jika hal ini terus dibiarkan maka akan menciptakan generasi muda bangsa yang tidak mencintai tanah air dan budaya lokal daerahnya. Sumber belajar sejarah yang digunakan tidak harus selalu berpatokan pada apa yang ada di dalam buku saja, karena sejatinya sumber belajar sejarah yang dapat digunakan oleh seorang guru bisa berupa penggambaran suatu tempat atau lingkungan, benda, orang, dan juga fakta disekitar. Maka dari itu hasil penelitian ini menemukan bahwa Museum Asi Mbojo memiliki potensi yang besar menjadi media pembelajaran yang efektif untuk menarik minat belajar siswa untuk melihat secara langsung koleksi peninggalan kesultanan Bima pada masa lampau. Ada banyak peninggalan-peninggalan yang penting yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar Sejarah dan beberapa yang ada dalam penelitian ini yang cukup penting yaitu Mahkota Kerajaan, Senjata Kerajaan berupa Keris, Golok La Ngunti Rante,, Sondi, Naskah Kuno, Artefak kehidupan sehari-hari dan Koleksi seni rupa motif tenunan tradisonal Bima. Jadi, tinggalan Sejarah kesultanan Bima memiliki potensi yang besar untuk dijadiakan sumber belajar Sejarah di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Museum, Asi Mbojo, Kesultanan Bima, sumber belajar sejarah. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | M. RIZAL IFANDY |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20922 |
Actions (login required)
View Item |