Maharani, Kadek Krisnina (2024) PENGEMBANGAN MODUL EKSPLORATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011050-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011050-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN)
2013011050-BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011050-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa modul eksploratif berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality pada materi bangun ruang yang layak dan praktis untuk pembelajaran siswa kelas V sekolah dasar. Modul ini ditujukan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep volume pada bangun kubus dan balok. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan rancang bangun modul eksploratif yang dikembangkan; dan 2) mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari modul eksploratif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, namun terbatas hingga tahap development. Modul eksploratif berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality telah teruji tingkat kelayakannya berdasarkan penilaian dua ahli materi dan media menggunakan instrumen penilaian angket skala likert dengan perolehan rata-rata skor sebesar 4,615 dari ahli materi yang termasuk kriteria sangat baik dan 3,91 dari ahli media yang termasuk kriteria baik. Selanjutnya, telah teruji tingkat kepraktisannya melalui uji coba terbatas kepada seorang guru dan 21 orang siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukasada dengan perolehan rata-rata skor angket respon guru dan siswa sebesar 4,48 yang menunjukkan bahwa modul eksploratif berbasis etnomatematika berbantuan Augmented Reality pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V memiliki kepraktisan yang sangat tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Modul eksploratif ini layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu pemahaman konsep materi volume bangun ruang kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eksploratif, etnomatematika, Augmented Reality, bangun ruang |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Krisnina Maharani |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 05:13 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 05:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20953 |
Actions (login required)
View Item |