PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX

Seputra, Ni Luh Putu Caesy Anggarani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2013011045-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011045-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011045-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung yang diberi nama “AR-CUTALA”. Media ini ditujukan untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan bangun ruang sisi lengkung dengan pengalaman yang berbeda. Ada dua tujuan yang mendasari penelitian ini, yakni (1) Mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran yang dikembangkan; dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tetapi hanya sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan. Media pembelajaran telah teruji tingkat kelayakannya berdasarkan penilaian dua ahli materi dan media dengan perolehan rata-rata skor sebesar 4,65 dari ahli materi dan sebesar 4,23 dari ahli media yang termasuk ke dalam kriteria kelayakan sangat baik. Selanjutnya telah teruji kepraktisannya melalui uji coba terbatas kepada dua orang guru dan 15 orang siswa di SMP Negeri 1 Tabanan dengan perolehan rata-rata skor angket respon siswa dan guru masing-masing sebesar 4,80 dan 4,75 yang berarti media pembelajaran ini memiliki kepraktisan yang sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual berbantuan augmented reality layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pendekatan kontekstual, augmented reality, bangun ruang sisi lengkung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Caesy Anggarani Seputra
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:31
Last Modified: 23 Jul 2024 05:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item