THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS IN EMANCIPATED CURRICULUM FOR 4TH-GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

Putri, Michelle Natalie (2024) THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENTS IN EMANCIPATED CURRICULUM FOR 4TH-GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021143-COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021143-ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021143-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021143-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021143-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penilaian berdiferensiasi adalah penilaian yang memberikan kesempatan yang adil kepada siswa untuk menunjukan pemahaman dan keterampilan mereka berdasarkan minat mereka. Saat ini, Indonesia memiliki kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka. Guru perlu memahami penilain ini dan bagaimana penerapannya, sehingga guru dapat membimbing siswa berdasarkan gaya belajar. Guru dapat menyesuaikan gaya belajar siswa dengan penerapan penilaian berdiferensiasi. Penilaian ini mengmbangkan penilaian terdiferensiasi dalam bentuk buku pada kurikulum merdeka berdasarkan gaya belajar VARK yang dikemukakan oleh Fleming, ddk (2005), yaitu Visual, Aural, Read/Write, dan Kinesetik. Penelitian ini menggunakan metode desain dan pengembangan oleh Richey dan Klein (2007). Terdapat empat tahapan dalam mengembangkan produk ini, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Data penelitian ini diperoleh dari dua sekolah di Kabupeten Buleleng dengan responden 36 orang, termasuk 2 guru dan 34 siswa sekolah dasar kelas 4 sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik data metode campuran. Pada tahap analisis, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen seperti wawacara, kuesioner, dan analisis dokumen, untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dan kriteria yang diperlukan dalam proses pengembangan produk. Pada tahap desain, matriks dibuat untuk menjadi pedoman pengembangan produk. Pada tahap pengembangan, produk dibuat berdasarkan matriks tersebut. Produk disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, topik pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar dengan petunjuk penggunaan yang mudah dipahami untuk guru dan siswa dan jenis penilaian yang disesuai dengan kegiatan yang telah dibuat. Produk direvisi berdasarkan masukan dari pembimbing dan ahli. Pada tahap evaluasi, ditemukan bahwa produk buku penilaian berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dikategorikan sebagai produk yang baik, dan layak digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian bterdiferensiasi, kurikulum merdeka, gaya belajar dan sekolah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Michelle Natalie Putri
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:50
Last Modified: 24 Jul 2024 00:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21047

Actions (login required)

View Item View Item