THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR SECOND SEMESTER OF 10th GRADE STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL

Krisna Wijaya, Kadek (2024) THE DEVELOPMENT OF DIFFERENTIATED ENGLISH LEARNING MATERIALS BASED ON EMANCIPATED CURRICULUM FOR SECOND SEMESTER OF 10th GRADE STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021013-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021013-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa di sekolah, (2) untuk mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi dalam bentuk buku untuk siswa SMA kelas 10 semester 2 berdasarkan Kurikulum Merdeka, dan (3) untuk mengetahui kualitas materi pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model D&D (Design and Development) dari teori Richey dan Klein (2008), yang melibatkan empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi (ADDE). Subjek penelitian adalah siswa kelas 10 SMA di Buleleng, Bali. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner yang berkaitan dengan kualitas produk. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan empat kebutuhan utama guru dan siswa, kemudian kebutuhan tersebut menjadi dasar penelitian dalam mengembangkan produk. (2) tahap desain dan pengembangan materi dibuat dengan menggunakan matriks berdasarkan hasil penelitian. (3) kualitas produk berdasarkan hasil penilaian ahli dan penilaian pengguna, dengan nilai produk tergolong dalam kategori media "Sangat baik" sehingga menunjukkan bahwa materi pembelajaran bahasa Inggris berdiferensiasi dalam bentuk buku untuk siswa SMA kelas 10 semester kedua berdasarkan penggunaan Kurikulum Merdeka dapat membantu guru dalam membedakan pengajaran dan memudahkan siswa dalam belajar sesuai dengan gaya belajarnya. Kata Kunci: Materi Bahasa Inggris; Kurikulum Emansipasi; Materi Pembelajaran diferensiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Materi Bahasa Inggris; Kurikulum Emansipasi; Materi Pembelajaran diferensiasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Krisna Wijaya
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:03
Last Modified: 24 Jul 2024 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item