Nugraha, I Gede Pradipta Adi (2024) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEMAJUAN AKADEMIK MOBILE MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL BERBASIS HEURISTIC EVALUATION DAN COGNITIVE WALKTHROUGH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029101020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029101020-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101020-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101020-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029101020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029101020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029101020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fungsi Sistem Informasi Kemajuan Akademik (SIsKA) terutama terbatas dari segi fungsinya, khususnya pada fitur notifikasi, seperti notifikasi jadwal ujian maupun notifikasi mengenai masa studi mahasiwa yang berfungsi sebagai pengingat mahasiswa dalam batas akhir studi. Hal ini berdampak langsung pada kualitas layanan dan pemantauan kemajuan mahasiswa pada Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini fokus pada evaluasi dan pengembangan lebih lanjut pada SIsKA-NG Mobile Berbasis Android dengan menggunakan heuristic evaluation dan Cognitive Walkthrough sebagai tahap dalam proses evaluasi, Evaluator menemukan 20 isu permasalahan pada aplikasi SIsKA-NG Mobile, diantaranya 8 isu permasalahan dengan tingkat severity rating paling tinggi (Catastrophic), 6 isu permasalahn dengan prioritas tertinggi (Mayor) dan beberapa permasalahan yang perlu di perhatikan namun pada prioritas rendah (Minor) serta isu permasalahan yang tidak perlu adanya perbaikan kecuali ada waktu memperbaiki terdapat 3 isu permasalahan sedangkan evaluasi dengan Cognitive Walkthrough adanya beberapa missclick berjumlah 9 task dan 4 task gagal dilakukan oleh pengguna dengan total 25 task. Berdasarkan hasil evaluasi pengembangan akan dilakukan dengan menggunakan metode waterfall dalam perancangan aplikasi dimulai dari menganalisa kebutuhan software, desain, implementasi dan testing. Unified Modelling Language (UML) digunakan dalam tahap perancangan aplikasi dengan penggambaran usecase dan Class Diagram. Berdasarkan pengembangan tersebut, dilakukan pengukuran kepuasan pengguna diukur menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ), dan ditemukan data yang menunjukkan nilai rata-rata yang positif pada dimensi dan dimensi kualitas pengalaman pengguna. Pengalaman pengguna terkait aspek daya tarik berada dalam rentang 1,631 hingga 2,569. Jadi dapat dilihat bahwa semua aspek pengalaman pengguna SIsKA pada fase pengembangan mendapatkan skor akhir 2,33 dah termasuk kategori penilaian "Excellent". Kategori ini menandakan bahwa SIsKA yang dihasilkan pada fase pengembangan termasuk dalam 10% produk terbaik jika dibandingkan dengan produk-produk pada benchmark UEQ.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, heuristic evaluation, cognitive walkthrough, mobile |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | I Gede Pradipta Adi Nugraha |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:36 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21064 |
Actions (login required)
View Item |