Rosmayuni, Anak Agung Ayu Putri (2004) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISU-ISU SOSIAL SAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223071006-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223071006-ABSTRAK.pdf Download (708kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223071006-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan literasi sians dan literasi sosial peserta didik kelas VIII. E-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Uji validitas produk meliputi uji validitas isi, uji validitas bahasa, dan validitas media. Uji kepraktisan melibatkan guru IPA dan peserta didik se-Kota Amlapura. Uji efektivitas produk e-Modul menggunakan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data hasil uji efektivitas dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial mancova. E-Modul yang dikembangan merupakan e-Modul open source yang dilengkapi fokus isu menggunakan video interaktif dan memanfaatkan isu-isu sosial. Fitur belajar yang menarik yang mengkombinasikan visual, kinestetik, dan auditori dengan memanfaatkan fitur fill the blank, drag and drop, image hotspot, image pairing, dan rekaman audio. Evaluasi pada e-Modul fokus pada penekanan dan pengembangan literasi peserta didik. Proses belajar menekankan pendekatan interdisipliner antara konsep IPA dengan aspek ekonomi, sosial, serta lingkungan. Hasil uji kevalidan isi memiliki kevalidan sangat tinggi dengan tingkat percentage of agreement yang baik dari kedua penguji. Uji validitas bahasa dan media memiliki kriteria yang sangat valid. E-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains memiliki kepraktisan yang sangat praktis baik oleh guru maupun peserta didik. Hasil uji multivariat menunjukkan nilai F=49,00 dengan taraf signifikansi 0,001 Rata-rata literasi sains kelompok e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains (16,00) lebih besar dibandingkan kelompok e-Modul biasa (13,04). Rata-rata literasi sosial kelompok e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains (46,52) lebih besar dibandingkan kelompok e-Modul biasa (42,50). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains lebih efektif dalam pencapaian literasi sains dan literasi sosial dibandingkan dengan e-Modul biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, isu-isu sosial sains, literasi sains, literasi sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | ANAK AGUNG AYU PUTRI ROSMAYUNI |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 05:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 05:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21117 |
Actions (login required)
View Item |