PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISU-ISU SOSIAL SAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII

Rosmayuni, Anak Agung Ayu Putri (2004) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISU-ISU SOSIAL SAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223071006-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071006-ABSTRAK.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071006-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains yang valid, praktis, dan efektif meningkatkan literasi sians dan literasi sosial peserta didik kelas VIII. E-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Uji validitas produk meliputi uji validitas isi, uji validitas bahasa, dan validitas media. Uji kepraktisan melibatkan guru IPA dan peserta didik se-Kota Amlapura. Uji efektivitas produk e-Modul menggunakan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data hasil uji efektivitas dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial mancova. E-Modul yang dikembangan merupakan e-Modul open source yang dilengkapi fokus isu menggunakan video interaktif dan memanfaatkan isu-isu sosial. Fitur belajar yang menarik yang mengkombinasikan visual, kinestetik, dan auditori dengan memanfaatkan fitur fill the blank, drag and drop, image hotspot, image pairing, dan rekaman audio. Evaluasi pada e-Modul fokus pada penekanan dan pengembangan literasi peserta didik. Proses belajar menekankan pendekatan interdisipliner antara konsep IPA dengan aspek ekonomi, sosial, serta lingkungan. Hasil uji kevalidan isi memiliki kevalidan sangat tinggi dengan tingkat percentage of agreement yang baik dari kedua penguji. Uji validitas bahasa dan media memiliki kriteria yang sangat valid. E-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains memiliki kepraktisan yang sangat praktis baik oleh guru maupun peserta didik. Hasil uji multivariat menunjukkan nilai F=49,00 dengan taraf signifikansi 0,001 Rata-rata literasi sains kelompok e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains (16,00) lebih besar dibandingkan kelompok e-Modul biasa (13,04). Rata-rata literasi sosial kelompok e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains (46,52) lebih besar dibandingkan kelompok e-Modul biasa (42,50). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Modul IPA berbasis isu-isu sosial sains lebih efektif dalam pencapaian literasi sains dan literasi sosial dibandingkan dengan e-Modul biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, isu-isu sosial sains, literasi sains, literasi sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: ANAK AGUNG AYU PUTRI ROSMAYUNI
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:26
Last Modified: 24 Jul 2024 05:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item