DEVELOPING DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT IN EMANCIPATED CURRICULUM FOR 7TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Galih Pradana Wibiarsana, Putu (2024) DEVELOPING DIFFERENTIATED ASSESSMENT INSTRUMENT IN EMANCIPATED CURRICULUM FOR 7TH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021085-COVER.pdf

Download (862kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021085-ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021085-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021085-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021085-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji produk penerapan penilaian pembeda pada siswa SMP pada semester satu dan dimaksudkan untuk mendukung guru dalam memberikan penilaian yang tepat bagi siswa. Permasalahan yang peneliti temukan adalah guru masih kurang dalam melaksanakan penilaian yang relevan terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru dalam memberikan instrumen penilaian pada “Kurikulum Emansipasi” yang baik kepada siswa. Pengumpulan data penilaian yang berbeda dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian menggunakan teori ADDE yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Peneliti mendukung teori kurikulum emansipasi, definisi penilaian, metode pembelajaran abad 21, dan gaya belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap guru, menyebarkan angket tentang metode pembelajaran dan gaya belajar kepada siswa dengan tiga puluh tiga responden, dan melakukan analisis dokumen berupa “Alur Tujuan Pembelajaran” di kelas VII. Lalu produk diuji oleh dua ahli dan satu guru bahasa Inggris lalu hasilnya dihitung berdasarkan metode kuantitatif dan telah dinyatakan sangat baik dan siap untuk dipakai. Kesimpulan yang dapat diambil adalah peneliti menciptakan produk tentang penilaian pembedaan untuk membantu guru kelas VII SMP menerapkan penilaian pembedaan yang relevan. Kata-kata kunci: ADDE, penilaian pembeda, rubrik, Kurikulum Emansipasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: ADDE, penilaian pembeda, rubrik, Kurikulum Emansipasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: PUTU GALIH PRADANA WIBIARSANA
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:25
Last Modified: 24 Jul 2024 04:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item