PENGEMBANGAN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI IPA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Arsana, I Made (2024) PENGEMBANGAN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI IPA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229041055-COVER)
2229041055-Cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text (2229041055-ABSTRAK)
2229041055-Abstrak.pdf

Download (445kB)
[img] Text (2229041055-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041055-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (370kB)
[img] Text (2229041055-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041055-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (2229041055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041055-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (2229041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041055-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (2229041055-BAB 5 PENUTUP)
2229041055-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (2229041055-DAFTAR PUSTAKA)
2229041055-Daftar Pustaka.pdf

Download (345kB)
[img] Text (2229041055-LAMPIRAN)
2229041055-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan kualitas instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SD. Instrumen yang dikembangkan berbentuk tes uraian terdiri dari 20 butir soal pada materi Gaya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Formative Reasearch yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), tahap evaluasi formatif (formative evaluation) yang melalui ulasan ahli (expert reviews) dan tes lapangan (field test). Instrumen yang dikembangkan diujicobakan pada 281 siswa kelas V SD di Gugus III Mengwi dan mendapatkan hasil sebagai berikut. (1) Prototipe tes berpikir tingkat tinggi IPA siswa SD yang dikembangkan terdiri 1 paket pada materi IPA dalam bentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. (2) Validitas tes berpikir tingkat tinggi IPA dihitung mengunakan perangkat lunak R Studio. Dari hasil perhitungan, diperoleh data dari 20 soal 17 butir valid dan hanya 3 butir yang tidak valid. (3) Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,72, artinya butir soal yang kita gunakan sudah reliabel karena lebih besar dari koefisien reliabilitas minimal 0,60. (4) Indeks daya beda tes yang terdiri dari tiga butir soal memiliki kategori sedang. Selain itu, 14 soal lainnya berada pada kategori tinggi. (5) Indeks kesukaran butir tes berpikir tingkat tinggi IPA berada dalam kategori sedang. (6) Tingkat ketepatan parameter tes berpikir tingkat tinggi IPA ditinjau dari analisis item fit dan GPCM adalah sebagai berikut. (a) Nilai outfit Mean Square (MNSQ) berkisar antara 0,41 sampai 1,49. Selanjutnya, pada nilai outfit Z-Standard (ZSTPD) berkisar antara -5,62 sampai 3,53. nilai Point Measure Correlation (Pt Measure Corr) berkisar antara 0,26 sampai 0,58. Item Fit dikatakan valid jika memenuhi minimal dua kriteria dari tiga kriteria yang ada. Berdasarkan hasil klasifikasi, diperoleh 10 soal termasuk kategori fit dan 7 soal termasuk kategori tidak fit. (b) Nilai GPCM meliputi peluang siswa menjawab soal dengan benar dan estimasi kemampuan peserta tes. Nilai logit yang tinggi menunjukkan kemampuan dalam menyelesaikan soal yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis,Kreatif, Reflektif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I MADE ARSANA
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:48
Last Modified: 24 Jul 2024 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item