Pengembangan e-Module Berorientasi Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun datar Pada Siswa Kelas VII SMP

Sastrawan, I Putu Beny Angga (2024) Pengembangan e-Module Berorientasi Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun datar Pada Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011092-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011092-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011092-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011092-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011092-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011092-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011092-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011092-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan ciri-ciri e-module berorientasi Culturally Responsive Teaching yang berfokus pada materi bangun datar yang praktis, efektif, dan valid. Penelitian menggunakan model ADDIE, yang terbatas pada tahap evaluasi formatif. Di SMP Negeri 1 Singaraja, 37 siswa kelas VII A 3 dan dua guru matematika adalah subjek uji coba produk. Salah satu karakteristik e-module yang dikembangkan adalah sebagai berikut: 1) Interaktif dengan kuis evaluasi yang memberikan pembahasan untuk jawaban yang salah atau kurang tepat; 2) Mendukung pemahaman siswa tentang konsep bangun datar; dan 3) Materi disajikan dengan integrasi ilmu budaya (kajian pendidikan yang responsif terhadap budaya). 4) Modul e-modul menggunakan YouTube untuk meningkatkan melalui pemahaman audience learning, dan 5) modul e-module menggunakan GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman melalui explorative learning. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-module sangat valid, dengan skor total rata-rata 4,81. Dalam uji praktis, e-module praktis memiliki skor rata-rata 2,23, 2,28, 2,32, 2,29, dan 2,25, dengan masing-masing aspek yakni aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan dengan kriteria unggul. Dengan aspek kejelasan di atas rata-rata (1,28). Dengan skor N-Gain 0,7, uji efektivitas menunjukkan peningkatan pemahaman konsep bangun datar. Meskipun e-module ini valid, praktis, dan efektif, uji coba lebih lanjut diperlukan pada subjek yang lebih luas. Kata-kata kunci: e-module, culturally responsive teaching, bangun datar, pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-module, culturally responsive teaching, bangun datar, pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Putu Beny Angga Sastrawan
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:13
Last Modified: 25 Jul 2024 07:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item