PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASE LEARNING PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN GAWAT DARURAT MATERNAL NEONATAL DI PRODI KEBIDANAN UNDIKSHA

Sri Utama Wijaya, Made (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASE LEARNING PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN GAWAT DARURAT MATERNAL NEONATAL DI PRODI KEBIDANAN UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051046-COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051046-ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051046-BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051046-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051046-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051046-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051046-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051046-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051046-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk konten interaktif berbasis problem based learning pada pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Gawat Darurat Maternal Neonatal materi konsep umum Afiksia Neonatorum serta mendeskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap konten interaktif tersebut dengan menggunakan model pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penelitian konten interaktif ini melibatkan 26 orang mahasiswi kebidanan dan 5 orang dosen. Penelitian pengembangan kontern interaktif ini menggunakan data yang di peroleh dari kuesioner dan angket yang di sebar ke mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian yang dilakukan meperoleh hasil (1) Hasil implementasi konten pembelajaran interaktif ini berhasil diterapkan berdasarkan dari hasil uji media dan isi yang menhasilkan data yang layak digunakan, dengan menghasilkan nilai dengan kategori Valid dari uji ahli isi dan uji ahli media dengan kategori sangat valid. (2) Hasil dari perhitungan uji perorangan memperoleh kategori baik dengan kriteria valid, uji kelompok kecil diperoleh kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran, dan uji lapangan diperoleh kategori baik dengan kriteria yaitu valid. (3) Hasil dari perhitungan uji efektivitas diketahui bahwa perolehan nilai N-Gain yaitu 0.71 dengan kriteria efektif. Pada uji respon pendidik dengan rata-rata 48 dan peserta didik dengan rata-rata sebesar 60,88, mencapai kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa konten interaktif berbasis problem based learning pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Gawat Darurat Maternal Neonatal materi konsep umum Afiksia Neonatorum telah memenuhi kriteria ideal sebuah produk dilihat dari kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Interaktif, Asfiksia Neonatorum, Problem Based Learning
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: MADE SRI UTAMA WIJAYA
Date Deposited: 24 Jul 2024 09:22
Last Modified: 24 Jul 2024 09:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item