Cahyani, Ni Komang Lina (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011039-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011039-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong rendah. Diduga penyebabnya adalah pembelajaran matematika yang kurang menekankan pada kegiatan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini ialah menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bantuan liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024 dan penentuan sampel mempergunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil pengundian didapatkan kelas VIII 1 selaku kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan liveworksheet serta kelas VIII 5 selaku kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa didapatkan dari hasil post-test dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan pengujian reliabilitas soal didapatkan koefisien reliabilitas sebesar 0,854 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji t dan didapatkan nilai sig. sebesar 0,00 dengan taraf 5% (0,00 < 0,05) yang bermakna H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menjalani kegiatan belajar dengan mempergunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan liveworksheet lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menjalani pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Liveworksheet, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Lina Cahyani |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 16:10 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 16:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21187 |
Actions (login required)
View Item |