PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK-PRODUK PASAR SENI SUKAWATI

Sulaeman, Nanda (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK-PRODUK PASAR SENI SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051082-COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051082-ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051082-BAB 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1715051082-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051082-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
1715051082-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN)
1715051082-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051082-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk Pasar Seni Sukawati serta memajukan digitalisasi dalam salah satu upaya mewujudkan salah satu tujuan revitaslisasi Pasar Seni Sukawati terhadap pengembangan aplikasi Mobile Augmented Reality sebagai media promosi produk-produk Pasar Seni Sukawati. Permasalahan yang dialami selama revitalisasi berupa kurangnya kesadaran dan motivasi masyarakat terhadap program pemberdayaan ekonomi digital serta perubahan penempatan produk dari sebelumnya yang membuat kesulitan bagi para pengunjung baru dalam menemukan produk yang mereka cari. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan aplikasi Mobile Augmented Reality untuk media promosi untuk mewujudkan salah satu tujuan revitaslisasi Pasar Seni Sukawati. Penelitian ini adalah R & D dengan menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), MDLC memiliki 6 tahapan diantaranya adalah tahapan concept (pengonsepan), tahapan design (perancangan), tahapan material collecting (pengumpulan bahan), tahapan assembly (pembuatan), tahapan testing (pengujian) dan terakhir adalah tahapan distribution (pendistribusian).. Penelitian ini dilaksanakan pada 24 masyarakat dan pedagang Pasar Seni Sukawati. Beberapa pengujian dilakukan pada aplikasi SUKMAR ini diantaranya dari pengujian ahli isi yang mendapat hasil 100%, pengujian ahli media mendapat hasil 100% dan pengujian system usability scale mendapat hasil uji sebesar 80,312 yang berada pada kategori acceptable atau dapat diterima dan masuk kedalam grade A dengan rating “GOOD” atau “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Mobile Augmented Reality SUKMAR berhasil memenuhi tujuan revitalisasi Pasar Seni Sukawati dengan mempromosikan produk-produk pasar secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mobile Augmented reality, Digitalisasi, Revitalisasi, Promosi Produk, System usability scale
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: NANDA SULAEMAN
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:48
Last Modified: 24 Jul 2024 23:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21189

Actions (login required)

View Item View Item