Dewantara, Kadek Andre Karisma (2024) Developing trilingual supplementary learning materials to facilitate students' English language receptive and productive skills in first-grade elementary school. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229081041-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229081041-ABSTRAK.pdf Download (400kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229081041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229081041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229081041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229081041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229081041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229081041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229081041-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, pembelajaran bilingual sangat penting untuk diajarkan sejak usia dini, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Namun pembelajaran bahasa Inggris di sekolah khususnya sekolah dasar masih menghadapi banyak kendala. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi tidak efektifnya pembelajaran bahasa di sekolah adalah terbatasnya sumber daya, antara lain buku teks, bahan ajar, dan alat pendukung lain yang diperlukan agar bahasa Inggris efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran tambahan trilingual untuk memfasilitasi keterampilan reseptif dan produktif bahasa Inggris siswa di kelas satu sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan prototipe materi pembelajaran tambahan yang dikembangkan memiliki enam bab dengan jumlah halaman 75. Materi yang disajikan pada materi pembelajaran tambahan dibuat sangat menarik, berisi gambar ilustratif, audio listening, permainan dan tabel kosakata pada setiap babnya. Hasil validitas isi materi pembelajaran tambahan ini berkategori sangat baik. Respon guru dan siswa sangat positif terhadap materi pembelajaran tambahan ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi pembelajaran tambahan tiga bahasa, Keterampilan reseptif dan produktif, Kelas satu sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Kadek Andre Karisma Dewantara |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21225 |
Actions (login required)
View Item |